SEKILAS INFO
: - Tuesday, 24-11-2020
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Datang di website informasi sekolah SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA
Study Tour BOSA ke Bali

Penuh Kesan di Studi Tur Bali

Seluruh siswa kelas XI SMA BOPKRI 1 Yogya mengikuti Studi Tur ke Bali, Sabtu hingga Kamis, tanggal 24-29 Maret 2017. Menjelang keberangkatan, para siswa berkumpul di sekolah pukul 06.30 untuk mengikuti pengarahan dari Kepala Sekolah. 30 menit kemudian rombongan siswa SMA BOSA berangkat. Ada 6 bus pariwisata yang berangkat ke Pulau Dewata.

Pukul 11.30 rombongan siswa tiba di rumah makan Kurnia Ngawi untuk makan siang. Perjalanan selanjutnya menuju Probolinggo dan makan malam di rumah makan Tongas Asri pukul 19.00. Setelah itu rombongan melanjutkan perjalanan sekitar 8 jam ke Pelabuhan Ketapang.

Siswa kelas XI SMA BOSA tiba di pelabuhan pukul 04.00. Satu per satu bus yang tumpangi memasuki kapal Ferry dan menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk. Saat menyebrang,  pemandangan begitu indah di waktu subuh, banyak lampu di sudut-sudut laut yang memberi kesan romantis.

Tiba di Pelabuhan Gilimanuk pukul 05.00, perjalanan dilanjutkan ke rumah makan Soka Indah yang membutuhkan waktu satu jam. Saat menuju ke tempat ini kami kembali disuguhi pemandangan indah karena rumah makan ini dekat dengan pantai dan udaranya sejuk. Rombongan tiba di rumah makan pukul 06.00 untuk makan pagi dan mandi.

Larangan bagi Kaum Hawa

Usai makan pagi, rombongan siswa SMA BOSA bergegas menuju Tanah Lot, tempat wisata menarik yang dijaga ular putih. Saat itu air laut di Tanah Lot sedang pasang.  Ada beberapa peraturan yang dilarang khususnya bagi kaum hawa yang sedang datang bulan yakni tidak diperbolehkan memasuki kawasan pantai dan tempat suci Tanah Lot dikarenakan tempat tersebut suci dan dijaga oleh masyarakat sekitar.

Puas menikmati Tanah Lot, perjalanan dilanjutkan ke Danau Bratan Bedugul. Di danau ini banyak pemandangan bagus di kiri dan kanan jalan. Sebelum sampai ke Danau Bratan Bedugul, ada cerita menarik yaitu terdapat sebuah hotel cukup besar dan sangar diberi nama Hotel Istana Hantu. Hotel ini dibangun oleh anak kedua Presiden Soeharto yang pembangunannnya tidak rampung dan ditinggalkan.

Pukul 13.00 rombongan tiba di Danau Bratan Bedugul lalu dilanjutkan dengan makan siang di rumah makan Bedugul, dan menikmati pemandangan asri nan indah di sekitar danau. Di tempat ini ada penyewaan Water Boat, banyak moment bagus untuk berfoto dan tentu banyak peserta yang meng-update status dan snapgram bahkan upload foto.

Dari sana, perjalanan dilanjutkan  ke tempat perbelanjaan terkenal dan hanya ada di Bali, JOGER. Banyak sekali suvenir baju, kaos, celana, patung, hiasan, dan pernak-pernik. Bagi kalian yang suka dengan quotes-quotes pasti tersedia banyak di JOGER. Harga barang yang ditawarkan di JOGER cukup bervariasi, dari yang murah, mahal, dan sangat mahal.

Tak terasa waktu menunjukkan pukul 17.00, saatnya rombongan siswa SMA BOSA menuju pertunjukan Tari Barong. Usai menonton pertunjukan Tari Barong rombonha menuju rumah makan untuk makan malam, setelah itu menuju Hotel Quest Mahendradata untuk check in. Sesampainya di Hotel pukul 21.30, para siswa masuk ke kamar sesuai dengan yang ditentukan panitia, mandi setelah itu tidur.

Panglipuran yang ramah

Pukul 06.30 para siswa sudah bangun dan makan pagi di Hotel. Hari ini wisata mereka akan mengunjungi desa Panglipuran. Perjalanan menuju ke sana sekitar 2 jam. Desa Panglipuran dikenal sebagai desa yang ramah dan sangat menjaga kebersihannya, di sini juga ada sebuah pura dan hutan bambu yang luas. Lingkungannya yang masih asri menjadi keindahan tersendiri bagi desa Panglipuran ini.

Usai berkeliling di desa ini, rombongan siswa SMA BOSA segera meluncur ke Cening Ayu untuk menikmati makan siang dan berbelanja. Cening Ayu tidak hanya terkenal dengan pie susu namun juga tersedia berbagai souvenir. Perjalanan berikutnya ke Bali Bird Park, yang hanya memakan waktu 10 menit. Sampai di sana rombongan siswa SMA BOSA ini berputar mengelilingi taman tersebut untuk melihat aneka macam burung. Dari sana mereka menuju kawasan industri Dewata yang menyediakan berbagai souvenir khas Bali. Mereka juga menikmati makan malam di sini. Pukul 19.00 rombongan kembali ke Hotel Quest Mahendradata, ada waktu bebas bagi pars siswa.

Hari berikutnya, Selasa 27 Maret, pukul 06.30 romgongan sarapan pagi dan melanjutkan perjalanan wisata menuju Tanjung Benoa pukul 10.00. Sesampai di sana sudah tersedia berbagai macam Water Sport dan kunjungan ke Pulau Penyu. Banyak siswa BOSA yang mendaftarkan diri untuk berkunjung ke Pulau Penyu dan bermain Water Sport di sana. Water sport yang disediakan beranekaragam yaitu banana boat, flying fish, jet ski, snorkling dan masih banyak lagi.

Selesai bersenang-senang di Tanjung Benoa perjalanan dilanjutkan menuju rumah makan setempat untuk makan siang. Setelah itu perlajanan menuju Pantai Kuta untuk menikmati sunset. Sebelum sampai di pantai ini rombongan harus turun di tempat parkir bus dan berganti bis kecil yang sampai ke Pantai Kuta dikarenakan tidak ada tempat untuk parkir bus besar. Puas menikmati sunset perjanalan berlanjut menuju Grafika Resto untuk makan malam setelah itu kembali ke hotel dan beristirahat.

Rabu 28 Maret menjadi perjalanan wisata terakhir di Pulau Bali. Setelah check out dari Hotel Quest Mahendradata para siswa mengunjungi Taman Ayu Mengwi, sampai di sana pukul 10.00. Puas menikmati Taman Ayu Mengwi perjalanan dilanjutkan ke pelabuhan Gilimanuk dan menyebrang ke pelabuhan Ketapang untuk kembali ke Yogyakarta.  Studi tur bersama teman-teman yang penuh kesan ini pun berakhir.

Kamis 29 Maret rombongan siswa SMA BOSA tiba di sekolah dalam keadaan sehat dan selamat. Sampai rumah masih ada tugas yang menunggu yaitu membuat laporan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda

Maps Sekolah