SEKILAS INFO
: - Thursday, 26-11-2020
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Datang di website informasi sekolah SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA
Wawancara Dengan Bayu Skak

“ Ojo Lali Budaya Masing-Masing ”

“Bahasa asal kita memang bahasa Indonesia, tapi Bahasa daerah atau Bahasa ibu itu jangan sampai terlupakan. Kita tidak boleh sampai melupakan Bahasa daerah itu sendiri. Maka dari itu saya mempersembahkan film ini agar dapat menaikkan Bahasa daerah saya yaitu Bahasa jawa.” – Bayu Skak. Penasaran gimana keseruan cerita wawancara kami dengan salah satu sutradara perdana ini? Berikut hasil wawancara jurnalis Bosa dengan mas Bayu selaku youtuber, aktor, dan komedian ini.

Bagaimana Mas Bayu yakin bahwa film ini akan sukses walaupun memakai Bahasa Jawa?

Saya yakin orang-orang seperti kalian ini yang orang Jawa akan men-support karena filmnya juga menghibur, dan ada subtitle Bahasa Indonesia yang dapat membantu penonton.

Tantangan yang berat dalam proses pembuatan film apa Mas?

Banyak sih, contohnya itu membuat subtitle Bahasa Indonesia kami membuatnya 4 hari sampai tidak tidur. Teman-teman dari Jakarta tidak bisa Bahasa Jawa, kami juga harus mengajari mereka belajar Bahasa Jawa, juga saat shooting film ini di Malang di sana cuacanya tidak menentu kadang hujan kadang panas.

Ngomongin mimpi Mas Bayu ke depannya yang belum tercapai apa ya?

Banyak sekali mimpi yang aku belum capai, tapi dengan ini aku berharap aku semakin naik ke mimpi-mimpiku yang belum tercapai itu.

Siapa saja motivator Mas Bayu dalam berkarya selama ini?

Motivator sih orang tua, karena dengan saya membuat karya mereka juga ikut bangga. Kayak kemarin saya premier di Malang, dan orang tua saya melihat saya kan saya juga ikut senang.

Menurut Mas Bayu apa tanggapan mas Bayu tentang sikap anak muda jaman sekarang yang kalau menonton film suka merekam atau memposting salah satu adegan di film?

Sangat tidak baik, jangan ditiru. Karena menurut saya itu norak, dan melanggar hukum meskipun hanya foto saja. Seharusnya kalau film sudah diputar, HP itu ditaruh saja, kalau perlu dimatikan atau dimasukkan dalam tas bisa juga saku.

Apa pesan Mas Bayu untuk konten creator dari luar daerah yang minder?

Apa yang membuat kalian minder? Justru kalian ini dengan kedaerahan masing masing, dapat menjadi keunikan. Karena kita juga hidup di Indonesia yang penuh dengan keanekaragaman daerah, dan daerah itu adalah akar budaya. Memang kita orang Indonesia, tapi kita harus punya asal-usul, kamu orang mana? Kalau kamu lupa akan daerahmu ya kamu berdiri di sini ya kamu itu siapa? Nggak jelas dong kamu orang mana…

Pesan Mas Bayu untuk anak SMA Bopkri Satu apa?

Terus berkarya, jangan malu malu, jangan juga menunggu-nunggu kalau ingin berkarya dengan alasan aku nggak punya ini itu lah. Ya kapan mau berkaryanya gitu kan…

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda

Maps Sekolah