SEKILAS INFO
: - Monday, 30-11-2020
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Datang di website informasi sekolah SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA
STUDI LAPANGAN SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA

Menambah Wawasan melalui Studi Lapangan

Studi lapangan kembali dilaksanakan oleh SMA BOPKRI 1 Yogya. Kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun dan wajib diikuti siswa Kelas X ini dimaksudkan untuk membuka wawasan pengetahuan di luar kelas. Pada tahun pelajaran 2017-2018 ini, Studi Lapangan berlokasi di Hutan Mangrove dan Pantai Glagah Kulonprogro berlangsung Rabu 21 Maret 2018.

Dalam berstudi lapangan siswa dibekali Lembar Kerja Siswa (LKS) melalui Wali Kelas masing-masing. LKS diisi di tempat wisata dengan cara observasi, wawancara, dan lain-lain. Selain itu, siswa diwajibkan membuat laporan studi lapangan dengan bahan acuan dari lembar kerja dan dikumpulkan ke pihak sekolah bulan Mei 2018.

Para siswa berkumpul di sekolah pukul 06.30. Sebelum berangkat, mereka mendapat pengarahan dari Kepala Sekolah dan kemudian pukul 07.30 berangkat dengan 8 bus.

        Pantai Rating Tinggi

        Kami tiba di Pantai Glagah Indah sekitar pukul 09.00 WIB. Pantai ini terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Jaraknya 40 km dari pusat Kota Yogya atau 10-12 km sebelah barat Kota Wates, Ibukota Kabupaten Kulon Progo. Pantai Glagah termasuk salah satu pantai yang mempunyai rating tinggi untuk kunjungan wisatawan di antara pantai-pantai lainnya di DIY. Banyak keunikan dan fasilitas menarik di pantai berpasir hitam ini. Di pantai ini banyak terdapat pemecah ombak. Selain observasi, di sana kami mewawancarai pedagang, Tim SAR dan masyarakat sekitar untuk mendapatkan data informasi yang berkaitan dengan Pantai Glagah untuk ditulis di lembar kerja.

Usai dari Pantai Glagah, para siswa melanjutkan ke Hutan Mangrove yang jaraknya tidak begitu jauh.  Hutan Mangrove terletak di Dusun Kadilangu, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon. Kulonprogo.  Tiba di sana, mereka dibagi dalam 2 kelompok dan dipandu narasumber dari tempat wisata ini. Mereka berkumpul bersama pemandu wisata untuk beroleh penjelasan  tentang sejarah Hutan Mangrove, fasilitas yang ada di sana, dan lain-lain.

Setelah sharing bersama pemandu wisata, para siswa berjalan-jalan mengelilingi tempat-tempat khas yang menjadi spot unik di Hutan Mangrove. Mereka juga berfoto-foto dan ada yang naik perahu wisata di sana.

Hutan Mangrove merupakan lokasi terakhir Studi Lapangan ini. Setelah itu, para siswa pulang ke Yogya dan tiba di SMA BOPKRI 1 Yogya pukul 15.30.

Semoga Studi Lapangan ini memperkaya wawasan dan pengalaman untuk siswa SMA BOSA sebagai pelajar, sekaligus menanamkan kecintaan terhadap wisata alam di provinsi tercinta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda

Maps Sekolah