SEKILAS INFO
: - Thursday, 26-11-2020
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Datang di website informasi sekolah SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA
Gengsi vs Tujuan Hidup

Opini Siswa

Gengsi vs Tujuan Hidup

Oleh : Manda Priscilla (X MIPA 4)

Apakah kalian ingin maju? Pastinya ingin kan, siapa sih yang nggak mau maju dan berhasil ? Tapi  sebelum itu kita harus punya tujuan. Tanpa tujuan, kita tidak bisa berhasil. Tujuan itulah alasan kita ingin maju.

Setelah memiliki tujuan, yang harus dilakukan selanjutnya adalah berjuang untuk mencapai tujuan tersebut. Sama halnya tema MABOSA kali ini, “Against The Sun” yang artinya  melawan matahari. Tentunya, melawan matahari itu tidak mudah dan banyak rintangan yang harus dilalui seperti panasnya yang dapat membakar apapun dan silau cahayanya yang dapat membutakan mata. Itu semua mencerminkan perjuangan kita untuk mencapai tujuan kita, yang tidak selalu berjalan lancar karena banyak rintangan yang mesti dilalui.

Kita adalah pelajar, tugas utamanya adalah belajar. Deni meraih nilai yang tinggi atau maksimal, banyak rintangan seperti rasa malas belajar, bermain HP sehingga lupa waktu, dan masih banyak lagi. Itu semua bisa kita lalui jika kita dapat mengatur waktu antara belajar dan bermain. Selain berjuang untuk mencapai tujuan, kita juga harus bersabar karena semua itu butuh proses.

Lalu apa yang harus kita lakukan jika sudah mencapai tujuan tersebut?

Yang pertama, bersyukur pada Tuhan karena kita dapat mencapai tujuan. Kedua, kita tidak boleh cepat puas saat sudah mencapai tujuan itu. Kita tidak boleh berhenti hanya pada tujuan itu tetapi harus mengejar tujuan lainnya.Ketiga, kita harus selalu berjuang mencapai tingkat lebih tinggi. Maksudnya, kita harus memiliki tidak hanya satu tujuan tetapi harus meliputi tujuan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Tujuan jangka pendek contohnya, saat SMA, kita memiliki tujuan meningkatkan nilai agar lebih baik dari semester pertama.  Tujuan jangka menengahnya, kita menargetkan universitas yang kita impikan. Lalu jangka panjangnya adalah setelah lulus S1 apa yang mau kita lakukan. Mau melanjutkan S2 atau mau bekerja ?

Bagaimana jika kita tidak mempunyai tujuan hidup? Yang terjadi adalah hidup terasa hampa dan membosankan karena tidak ada hal atau impian yang ingin dicapai. Contohnya, saat kita sedang ujian, orang yang memiliki tujuan akan belajar giat untuk mendapat nilai yang bagus. Orang yang tidak memiliki tujuan, hanya akan pasrah saja untuk ikut ujian dan mengenai nilai dia akan senang jika mendapat nilai bagus, jika mendapat nilai yang kurang bagus juga akan biasa-biasa saja.

Bagaimana cara menemukan tujuan dalam hidup kita? Yang utama adalah apa yang membuat kita bahagia itu adalah tujuan hidup kita. Misalnya, kita bahagia jika kita bisa membuat kedua orang tua bahagia. Setelah itu kita hanya perlu melakukan sesuatu yang dapat membanggakan kedua orang tua kita.

Cara lainnya, berhentilah bersikap gengsi dan tentukan pilihanmu sendiri. Sikap gengsi artinya kita terlalu memikirkan pendapat orang lain. Jika kita terus bersikap seperti itu, kita tidak akan bisa maju. Jadi, janganlah merasa gengsi dan lakukan sesuatu yang menurut kita itu bagus karena kita hanya berhasil jika kita melakukan sesuatu yang benar-benar kita sukai. Jangan lupa jika ingin mencapai tujuan hidup kita harus tetap semangat dan pantang menyerah.

Intinya, setiap manusia harus mempunyai tujuan dalam hidupnya. Tujuan hidup inilah yang membuat kehidupan kita menjadi lebih berwarna dan tidak monoton. Setiap manusia bisa saja memiliki dua atau lebih tujuan hidup dalam waktu bersamaan. Misalnya, tahun ini kita ingin jalan-jalan ke luar negri lalu ingin memberikan hadiah untuk orang tua, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu sebaiknya setiap manusia dapat membagi tujuan tersebut dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, sehingga kita dapat menentukan mana yang lebih dulu harus dilakukan.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda

Maps Sekolah