SEKILAS INFO
: - Thursday, 03-12-2020
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Datang di website informasi sekolah SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA
Merasakan Pahit-Manisnya Hidup di Desa lewat Live in

SMA BOPKRI 1 Yogya kembali menyelenggarakan live in bagi klas XI. Tahun ini diadakan tanggal 7 hingga 9 Januari 2020 bertempat di dusun Boro, Kulonprogo.

Sebelum pelepasan, para siswa berkumpul di indoor untuk mendengarkan pengarahan dari Kepala Sekolah dan Pak Warto tentang hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan peserta selama 3 hari 2 malam di sana. Perjalanan menggunakan bis

memakan waktu sekitar 1 jam. Sesampai di dusun Boro, seluruh peserta berkumpul di joglo untuk penempatan peserta ke rumah-rumah warga yang berlangsung sekitar 30 menit.

Sesudah mendapat tempat tinggal, peserta dianjurkan mengikuti beberapa kegiatan yang sudah biasa induk semang lakukan sehari-hari, mulai dari mengambil padi, memandikan sapi, mencari rumput untuk makan ternak, membantu pekerjaan rumah dan sebagainya. Sebelum melakukan kegiatan, peserta siswa melakukan perkenalan lebih dulu guna mendekatkan diri dengan keluarga dari induk semang.

Matahari sudah tertutupi awan hitam tanda hujan deras akan segera datang. Biasanya induk semang mengambil rumput untuk makanan ternaknya dan peserta wajib membantu, ada juga yang membantu memasak untuk makan malam. Setelah itu peserta  membersihkan diri alias mandi kemudian berkumpul menikmati makan malam bersama keluarga induk semang diteruskan dengan berbincang-bincang untuk mengakrabkan diri dengan keluarga hingga pukul 21.00 atau 22.00 malam setelah itu beristirahat.

 

8 Januari 2020

Setiap subuh biasanya para induk semang menuju pasar untuk membeli bahan masakan yang dimakan hari ini. Peserta pun harus ikut merasakan bangun amat pagi untuk membantu induk semang entah itu memasak ataupun membeli bahan masakan. Sudah melakukan masak dan makan pagi mereka membantu kegiatan yang biasa induk semang lakukan setiap paginya, ada yang ke sawah memanen padi, memandikan ternak, dan sebagainya.

Pukul 14.00 seluruh peserta menuju tempat kumpul di Dolan Deso untuk mengikuti anake kegiatan seperti menggambar, latihan gamelan bersama dan sore harinya setelah mandi, peserta berkumpul kembali untuk menceritakan tentang keseharian mereka masing-masing dengan induk semangnya.

Malamnya peserta kembali ke induk semang masing-masing. Mereka saling  bercerita dan berkomentar tentang aktivitas hari ini. Karena besok adalah hari terakhir live in,  ada juga peserta yang melakukan packing.

 

Penyuluhan narkoba di Dolan nDeso, Boro

9 Januari 2020

Pagi hari peserta melakukan packing dan kembali membantu induk semang. Ada yang turut ke pasar membeli bahan-bahan masakan, ada pula yang langsung memasak makanan untuk makan pagi. Setelah itu peserta berpamitan dengan induk semang dan kembali berkumpul di base camp Dolan Ndeso untuk mengikuti pelepasan. Salah satu tokoh masyarakat setempat dalam acara perpisahan ini mengucapkan  terima kasih kepada para peserta live in SMA BOPKRI 1 yang telah membantu warga dalam  menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Seetelah perpisahan berakhir, seluruh peserta  menuju bus untuk kembali ke SMA BOPKRI 1 terus kembali ke rumah mereka masing-masing.

Semoga live in di tahun depan semakin berkembang lagi dan  berguna untuk pengembangan karakter siswa. Lewat kegiatan ini anak-anak BOSA berlatih kemandirian dan merasakan pahit-manisnya kehidupan pedesaan.

 

Catatan : Yosep Adi (XI MIPA 2) dan Ananta Antariksa (XI IPS 1),

Foto-Foto : Enrique Marcell (XI Bahasa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda

Maps Sekolah