SEKILAS INFO
: - Thursday, 28-10-2021
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang di website informasi sekolah SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA
Membuka Wawasan Baru di Studi Lapangan Kelas X

Studi Lapangan kembali diadakan SMA BOPKRI 1 yang diikuti khusus kelas X untuk seluruh jurusan MIPA, IPS, Bahasa, Selasa 10 Maret 2020. Studi lapangan kali ini berlokasi di dua tempat, Museum Pabrik Gula Gondang Winangun (Klaten) dan Situs Purbakala Sangiran (Sragen). Sebelum berangkat, kami semua berkumpul di lapangan indoor sekolah untuk briefing, dan mendengarkan sambutan pelepasan dari Bapak Kepala Sekolah. Setelah itu, kami masing-masing mendapatkan lembar kerja yang harus diisi pada saat studi lapangan nanti.  Sebelum berangkat kami juga melakukan doa bersama untuk memohon kelancaran dan perlindungan Tuhan semasa studi lapangan.

Dengan menaiki sejumlah bus, kami tiba di lokasi pertama Museum Pabrik Gula Gondang Winangun sekitar setengah jam.  Sesampai di sana,  kami langsung disambut oleh pemandu museum. Ia menjelaskan  sejarah dan seluk-beluk pabrik gula ini sambil diajak berkeliling melihat – lihat koleksi barang dan peralatan mesin kuno yang dulu pernah dipakai untuk berproduksi di pabrik ini. Kami semua memperhatikan arahan dan informasi yang diberikan oleh pemandu museum sambil mengerjakan lembar kerja siswa yang sudah dibagikan sebelumnya.

 

Usai mengelilingi museum, kami kembali melanjutkan perjalanan ke lokasi kedua, Situs Purbakala Sangiran yang terletak di perbatasan Surakarta dan Sragen. Jarak tempuh menuju ke tempat ini terbilang jauh, dari lokasi pertama, sekitar satu jam.

Sesampai di sana  kami tidak langsung turun,  namun beristirahat terlebih dahulu di dalam bis sambil menyantap makan siang.  Setelah itu, kami turun dari bis dan memulai kegiatan di lokasi kedua ini. Kami terbagi dalam beberapa kelompok. Rombongan kelas kelas MIPA dan Bahasa berkesempatan terlebih dahulu melihat – lihat ke ruang pamer (ruangan yang menyimpan replika manusia purba dan berbagai koleksi masa manusia purba) sedangkan kelas IPS masuk ke ruang audio visual (untuk melihat film tentang sejarah manusia purba di Sangiran). Usai menonton film pendek tersebut, anak-anak IPS menuju ke ruang pamer untuk melihat – lihat berbagai koleksi yang ada, bergantian dengan anak-anak MIPA dan Bahasa yang telah selesai melihat – lihat ruang pamer gantian masuk ke ruang audio visual.

Usai berkeliling dan melihat–lihat situs manusia purba ini, kami menyempatkan diri berfoto bersama. Kami diberi waktu bebas untuk berfoto-foto atau sekedar melihat – lihat suasana sekitar situs ini sebelum akhirnya kembali pulang ke Yogya. Perjalanan ke Yogya sedikit lebih cepat karena melewati jalan tol. Kegiatan Studi Lapangan ini sangatlah bermanfaat bagi kami karena memberikan berbagai wawasan baru.

 

Catatan : Diana Puspita Dewi (X IPS 2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda

Maps Sekolah