SEKILAS INFO
: - Wednesday, 21-04-2021
  • 7 bulan yang lalu / Selamat Datang di website informasi sekolah SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA
Pramuka Online ala BOSA

Di SMA BOPKRI 1, pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib untuk peserta didik kelas X seperti halnya di sekolah lain. Kegiatannya dilaksanakan setiap Jumat pada jam pelajaran terakhir di halaman sekolah.  Pramuka identik dengan kegiatan di luar ruangan. Kegiatan lapangan, mendirikan tenda, tali temali, morse menjadi aktivitas yang khas dalam kepramukaan Semua upaya itu untuk menciptakan jiwa kebersamaan dan solidaritas untuk semangat berkarya bagi sesama.

Namun ketika pandemi covid-19 melanda negeri kita dan semua negara di dunia,

tidak ada lagi berkumpul bersama, berkegiatan di lapangan bersama, kemah dan berbagai kegiatan khas kepramukaan lainnya. Pramuka tidak bisa dilakukan secara tatap muka lagi. Rencana kemah pramuka kelas X yang telah dipersiapkan terpaksa ditiadakan akibat mewabahnya virus corona itu. Kita tahu kegiatan kepramukaan di sekolah akan memunculkan kerumunan, maka selama covid-19 masih menyebar ke mana-mana, kegiatan semacam ini harus dihindari dulu.

Untuk itu, pembelajaran pramuka di BOSA harus dilakukan secara daring atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Sistem pembelajaran pramuka ini tidak jauh berbeda dengan pembelajaran mata pelajaran lain yang meliputi pemberian materi dan penugasan. Pembelajaran daring pramuka dilaksanakan melalui google classroom. Materi yang diberikan meliputi nilai-nilai kepramukaan, kewirausahaan dalam pramuka, keterampilan pramuka untuk mengatasi suatu permasalahan, peran remaja, dan masih banyak lagi. Tentu diberikan pula tugas-tugas yang harus dikerjakan atau dijawab sesuai soal yang diperintahkan.  Waktu pengumpulan sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditetapkan.

Tugas-tugas yang diberikan dalam kegiatan pramuka online ini mudah dipahami oleh siswa-siswi dan juga penjelasan dalam pengerjaannya sudah diberitahukan secara jelas. Namun, materinya hanya dipelajari secara sekilas karena tidak adanya kegiatan praktik secara langsung. Saat pramuka offline, kita akan mempraktikkan materi dalam kehidupan sehari-hari sehingga materi tidak hanya sekedar menjadi bahan hafalan melainkan juga pengalaman bagi siswa-siswi. Selain itu, karena tidak ada pengawasan yang ketat dan siswa-siswi terlalu bersantai di rumah, rasanya kita agak kehilangan esensi dari pramuka itu sendiri.

 

Memang esensi nilai-nilai kepramukaan seperti melatih kerja sama, kedisiplinan, dan keberanian menjadi “hilang” karena pembelajaran secara daring ini. Namun apa boleh buat, covid-19 ini membuat kita terkurung dalam rumah masing-masing. Meski demikian, sebagai insan pramuka sejati, kita harus tetap menanamkan nilai-nilai kepramukaan yang telah kita peroleh saat tatap muka agar jangan hilang atau luntur dalam dalam diri kita.

Saya rasa, kegiatan pramuka online ini tetap menarik dan berkesan, sistemnya yang berbeda dengan kegiatan yang umumnya mampu memberikan pengalaman baru kepada saya. Pramuka online ini juga menyadarkan kita semua bahwa kita seharusnya lebih bersyukur akan kondisi yang Tuhan berikan saat ini. Selama ini kita selalu mengeluh dalam berkegiatan pramuka karena melelahkan dan panasnya mentari yang menyengat kulit, namun anehnya, di pramuka online ini justru keluhan-keluhan tersebutlah yang membuat rindu.

Mari kita semua berdoa dan berharap musibah pandemi covid-19  di negeri kita dan di seluruh dunia segera teratasi dan kita dapat beraktivitas lancar kembali dan optimal

 

Oleh : Bintang Rajendra Maheswara (XI MIPA 1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda

Maps Sekolah