SEKILAS INFO
: - Thursday, 28-10-2021
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang di website informasi sekolah SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA
Pedoman Penerimaan Calon Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2022 – 2023

TEMPAT DAN WAKTU PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui web SMA BOPKRI 1 Yogyakarta (pendaftaran.smabosa-yogya.sch.id/registrasi) dan offline dengan datang langsung ke SMA BOPKRI 1 Yogyakarta.
  2. Waktu Pendaftaran PCPDB :
    • Gelombang Pertama :
      • 11 Oktober 2021- 14 November 2021
      • 15 November 2021-17 Desember 2021
    • Gelombang Kedua : 3 Januari 2022 – 31 Maret 2022
    • Gelombang Ketiga : 1 April 2022 – 8 Juli 2022

DAYA TAMPUNG DAN PEMBIAYAAN

  1. Daya Tampung : 288 peserta didik, yang terbagi dalam 9 rombongan belajar (9 kelas).
  2. Pembiayaan:
    • Dana yang wajib dibayarkan oleh setiap peserta didik baru sebagai berikut:

Catatan : Jumlah biaya tersebut belum termasuk seragam

TAHAPAN PENDAFTARAN

  1. Calon Peserta Didik yang diperbolehkan mendaftar adalah peserta didik SMP kelas IX Tahun Pelajaran 2021 – 2022 dan peserta ujian kesetaraan SMP (Paket B) Tahun Pelajaran 2021 – 2022
  2. Calon Peserta Didik melakukan pendaftaran secara online atau offline mulai 11 Oktober 2021.
  3. Calon Peserta Didik mengisi Formulir Pendaftaran secara online melalui web SMA BOPKRI 1 Yogyakarta (pendaftaran.smabosa-yogya.sch.id) atau offline dengan mengambil formulir ke SMA BOPKRI 1 Yogyakarta.
  4. Calon Peserta Didik mengupload (online) atau mengumpulkan (offline) formulir dan syarat-syarat lainnya yaitu :
    • Fotokopi rapor kelas VII – IX (lengkap) bagi peserta didik SMP formal atau hasil belajar sekolah non formal Tahun Pelajaran 2021 – 2022 bagi peserta kesetaraan paket B.
      • Untuk gelombang pertama: 11 Oktober 2021d 17 Desember 2021: Fotokopi rapor semester 1 s.d 4, dan nilai PTS semester 5
      • Untuk gelombang kedua: 3 Januari 2022d 31 Maret 2022: Fotokopi rapor semester 1 s.d 5.
      • Untuk gelombang ketiga: 1 April 2022d 8 Juli 2022: Fotokopi rapor semester 1 s.d 5, dan bila sudah terbit ditambah Fotokopi rapor semester 6, Ijazah (surat keterangan lulus).
    • Bukti prestasi (jika ada) yang berupa fotokopi/ scan sertifikat kejuaraan di bidang akademis atau non akademis
    • Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
    • Fotokopi/ scan akta kelahiran sebanyak 1 lembar
    • Fotokopi/ scan ijazah SD sebanyak 1 lembar
    • Fotokopi/scan Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar.
  5. Setelah berkas diverifikasi oleh tim, Calon Peserta Didik mengikuti tes seleksi secara online berupa :
    • Tes Potensi Akademik (TPA) meliputi tes verbal (mengetahui kemampuan Bahasa) dan tes numerikal (mengetahui kemampuan logika matematika) calon peserta didik.
    • Tes Bahasa Inggris untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris calon peserta didik.
    • Angket bakat/minat dan kebiasaan sehari-hari

                  Untuk pelaksanaan tes akan diinformasikan oleh panitia lebih lanjut.

  1. Calon peserta didik dan orang tua/wali melakukan wawancara. Tahap ini dilakukan di hari Sabtu, baik online maupun offline. Jika wawancara dilakukan secara offline maka akan memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi (calon peserta didik dan orang tua akan diberi jadwal wawancara). Wawancara peserta didik bertujuan untuk mengetahui potensi akademik, kemampuan berkomunikasi, kepribadian, minat dan lain-lain. Wawancara orang tua / wali bertujuan untuk membahas hasil tes calon peserta didik, klarifikasi hasil wawancara dengan calon peserta didik, kesepakatan pembiayaan dan pembayaran.
  1. Calon peserta Didik dan orang tua/ wali menerima informasi hasil dari tes dan wawancara yang sudah diikuti. Jika ada kriteria yang belum sesuai dan belum ada kesepakatan antara pewawancara dan orangtua/ wali maka hasil penerimaan calon peserta didik akan diberikan di kemudian hari.

APRESIASI PRESTASI

Untuk Tahun Pelajaran 2022 – 2023 sekolah memberikan apresiasi bagi Calon Peserta Didik dengan ketentuan sebagai berikut :

Bibit Unggul Berprestasi

    • Bibit Unggul Berprestasi yang dimaksud adalah calon peserta didik yang memiliki prestasi bidang Olah Raga, Seni, Karya Ilmiah, Olimpiade Sains, dan bidang lainnya dengan kriteria :
      • Finalis tingkat internasional
      • Juara 1,2,3 tingkat nasional
      • Juara 1,2,3 tingkat regional / propinsi
    • Calon peserta didik menyerahkan fotokopi dan menunjukkan sertifikat asli dari kejuaraan yang dimaksud
    • Sertifikat dikeluarkan oleh penyelenggara yang kompeten, lembaga resmi pemerintah atau lembaga yang direkomendasikan pemerintah dan prestasi diperoleh selama bersekolah di SMP.
    • Calon peserta didik dan orang tua bersedia menandatangani kesepakatan dengan sekolah yang berisi antara lain :
      • Bersedia selama 3 tahun menjadi peserta didik SMA BOPKRI 1 Yogyakarta dan mewakili dalam berbagai perlombaan terkait
      • Bersedia mematuhi tata tertib yang berlaku di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta
      • Bersedia mengikuti program belajar yang disiapkan SMA BOPKRI 1 Yogyakarta
      • Bersedia menjaga prestasi dan sikap selama 3 tahun di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, jika terjadi pelanggaran maka kesepakatan pembiayaan bibit unggul dicabut dan berlaku pembiayaan normal
      • Jika sebelum 3 tahun peserta didik mengundurkan diri, maka wajib disertai alasan dan dokumen pendukung, misalnya ikut orang tua pindah kerja ke luar Yogya, dan lain sebagainya
    • Apresiasi yang diberikan untuk kategori Juara 1,2,3 tingkat nasional
      • Potongan 60 % untuk dana pengembangan sekolah
      • Beasiswa SPP selama 1 tahun ketika di kelas X
      • Dana Kegiatan Tahunan tetap
      • Dana Seragam tetap
    • Apresiasi yang diberikan untuk kategori Juara 1,2,3 tingkat regional / propinsi
      • Potongan 50 % untuk dana pengembangan sekolah
      • Beasiswa SPP selama 6 bulan ketika di kelas X
      • Dana Kegiatan Tahunan tetap
      • Dana Seragam tetap
    • Apresiasi untuk finalis tingkat internasional dibicarakan khusus
    • Program ini berlangsung selama gelombang 1,2,3 dengan kuota :
      • 15 orang untuk Juara 1, 2, 3 tingkat nasional
      • 15 orang untuk Juara 1, 2, 3 tingkat regional / propinsi
    • Pengunduran diri setelah dimulainya Tahun Pelajaran 2022 – 2023, uang pembayaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Bibit Unggul

  1. Bibit Unggul yang dimaksud adalah calon peserta didik yang memiliki prestasi
    • Akademis dengan kriteria rata – rata nilai rapor setiap semester minimal 85
    • Non – akademis dengan kriteria memiliki prestasi juara 1,2,3 tingkat kota / kabupaten untuk bidang Olah Raga, Seni, Karya Ilmiah, Olimpiade Sains, dan bidang lainnya
  2. Bagi prestasi akademis : calon peserta didik menyerahkan fotokopi rapor yang sudah dilegalisir
  3. Bagi prestasi non-akademis : calon peserta didik menyerahkan fotokopi dan menunjukkan sertifikat asli dari kejuaraan yang dimaksud, sertifikat dikeluarkan oleh penyelenggara yang kompeten, lembaga resmi pemerintah atau lembaga yang direkomendasikan pemerintah, dan prestasi diperoleh selama bersekolah di SMP
  4. Apresiasi yang diberikan untuk bibit unggul adalah beasiswa SPP 1 bulan. Dana Pengembangan Sekolah tetap, Dana Kegiatan Tahunan tetap dan Dana Seragam tetap
  5. Program ini berlangsung selama gelombang 1,2,3 dengan kuota 30 orang
  6. Pengunduran diri setelah dimulainya Tahun Pelajaran 2022 – 2023, uang pembayaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda

Maps Sekolah