image

Andrea Pramesti: Untuk Menjadi Siswa Berprestasi Butuh Effort dan Latihan

Belum lama ini salah satu siswa, kelas 10 SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, Andrea Pramesti menjadi pemenang dalam lomba FLS2N dalam ajang vokal putri. Dibalik kemenangannya tersebut, ternyata remaja yang hobi menyanyi ini dulunya selalu berjuang dan berlatih hingga akhirnya bisa menjadi juara. 

Sejak umur 3 tahun, Andrea memang menggemari kegiatan di dunia tarik suara. Ia mengaku ada begitu banyak lomba-lomba yang ia ikuti sedari kecil hingga yang terbaru adalah mengikuti lomba FLS2N mewakili SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. 

“Iya emang udah dari umur 4 tahun aku nyanyi. Baru bener-bener serius waktu kelas 3. Mulai menang baru sekitar SD tingkat akhir. Puji Tuhan sampai sekarang,” ungkap Andrea. 

Tercatat dalam lomba serupa yakni FLS2N setingkat SMP, ia pernah membawa sekolahnya hingga ke tingkat nasional. Rupanya berada di tingkat nasional membuat Andrea semakin terpacu lagi untuk meraih juara.

“Dulu udah pernah SMP sampai tingkat nasional, pokoknyaa emang pingin banget dari dulu sampai tingkat nasional dan udah kesampaian. Terus SMA pingin lagi lah karena pengalamannya seru banget,” aku Andrea. 

Alhasil, ia pun terpilih untuk mewakili sekolahnya. Hampir setiap hari menjelang lomba ia berlatih dengan didampingi oleh guru SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Ia mengaku memang cukup melelahkan karena harus berlatih, namun dengan tekadnya, ia percaya bahwa usahanya akan membuahkan hasil. 

“Kemarin latihannya keras hampir tiap hari. Sebenernya nggak terlau lama mungkin seminggu tapi latihannya bener-bener emang serius. Aku nyanyinya klasik sama pop,” sambungnya. 

Ketekunannya membuahkan hasil. Ia berhasil meraih juara pertama dibidang vokal putri dan membanggakan SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Ia bahkan sempat menceritakan bahwa sejujurnya ia sempat gugup saat akan maju dan melawan siswa lainnya untuk meraih peringkat pertama. 

“Pasti walaupun udah sering. Tetep setiap mau maju kalau lihat lawan ya nggak sepede itu juga, kemarin aku nanya masukan juri supaya di tingkat provinsi lebih baik,” katanya.

Rahasisa supaya ia bisa siap tampil diatas panggung ternyata dimulai dari persiapan. Selain latihan, ia juga harus mempersiapkan dengan matang hal-hal yang diperlukan sebelum lomba. Selain persiapan tentunya juga dibutuhkan hati yang tenang. 

“Biasanya aku kalau lomba pagi itu selalu siap-siap dari awal biar nggak datang langsung nyanyi. Disiapkan waktunya diprepare. Doa dulu wajib banget, kadang aku berapa hari sebelumnya doa terus biar tenang. Kalau udah mau naik ke panggung pasti doa lagi. Setiap sampai panggung tarik nafas dulu, menata hati. Pertama deg-degan, yang penting tenang,” ungkapnya. 

Kepada teman-teman di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, ia pun membagikan tipsnya kepada siswa lain agar termotivasi untuk membanggakan sekolah dalam hal prestasi. Menurutnya papapun bisa dibanggakan, entah lomba sekecil apapun. Namun pesan Andrea adalah tidak bisa jika maju langsung serta merta bisa menang tanpa usaha keras. Menurutnya prestasi itu butuh proses. 

“Kalau baru mau mulai mengukir prestasi latihan itu penting banget. Semua harus latihan dan memang butuh effort tidak bisa instan, nggak bisa tiba-tiba menang. Latihan dan berdoa itu penting,” pungkasnya.