image

Pengalaman Siswa SMA BOPKRI 1 Saat Belajar Dengan Sistem Online

Ditengah mewabahnya virus corona (covid-19) SMA BOPKRI 1 Yogyakarta mengambil langkah untuk menerapkan sistem belajar di rumah. Berbagai materi pelajaran telah dipersiapkan guru dan siswa hanya tinggal mengerjakan berbagai tugas yang diberikan. Salah satu siswa kelas 12 bernama Mananta membagikan pengalaman menyenangkan selama belajar di rumah. 

Ia mengaku meski harus belajar di rumah karena wabah corona, namun ada banyak hal yang bisa ia alami. Mananta mengaku dengan belajar ei rumah ia jadi memiliki lebih banyak waktu luang ketika di rumah. Tak hanya itu, ia merasa jadi memiliki lebih banyak waktu bersama keluarganya. 

"Rasanya sih seneng ya lebih bisa istirahat dan punya waktu luang dirumah. Jadi makin deket sama keluarga juga," aku Mananta. 

Berbeda dengan tingkat laimnya, Mananta yang kini duduk di bangku kelas 12 mendapatkan materi yang berbeda. Pelajaran yang ia peroleh kebanyakan dibagi berdasarkan materi pelajaran ujian nasional. Oleh sekolah ia diberikan tugas untuk mengerjakan try out di rumah. 

"Tugas dan tryout juga ga jadi beban karena ngerjainnya santai juga. So far sih lebih fleksibel buat ngerjain tugas dan tryout dan itu bikin aku makin semangat ngerjainnya," sambungnya. 

Ketika ditanya soal adanya kendala yang dialami, mananta mengaku selama menjalani sistem belajar secara online ini semua sistem berjalan dengan lancar. Bahkan ia mengaku tak memiliki kendala sama sekali. Selain itu ie menuturkan bahwa guru dan wali kelas dengan selalu tanggap pada siswanya saat menjumpai kesulitan. 

"Ngga (ada kendala) sih kak, karena juga aku udah paham gimana pakai google classroom dan mudah ngobrol sama wali kelas di grup kelas. Jadi kalo ada yang mau ditanyain tinggal chat guru kita," ungkapnya. 

Menurut Mananta dibalik sistem belajar online yang oleh sebagian siswa di luar sana dikatakan adalah hal yang memberatkan, ia mengaku sistem belajar seperti ini juga memiliki sisi positifnya. 

"Online learning kaya gini karena selain paperless, online learning juga lebih fleksible buat ngerjain tugas dan bisa kita lakuin kapan pun sebelum deadline ngumpulin tugasnya gitu," pungkasnya.