image

Sekolah Kita : Perpustakaan Milenial SMA BOSA

Siapa sih yang  nggak tahu tempat ini? Perpustakaan adalah tempat kita menambah wawasan dan ilmu melalui berbagai macam buku, majalah, surat kabar, dan lain-lain yang terdapat di tempat itu. Perpustakaan juga berfungsi sebagai penunjang kegiatan pembelajaran peserta didik dan guru dalam mewujudkan tujuan pendidikan di sekolah.

Sekolah kita memiliki perpustakaan yang diberi nama Bosa Jogja Library. Boleh dibilang perpustakaan ini modern karena desain interiornya bergaya anak muda (milenial)  bernuansa coklat juga sistem layanannya yang berbasis teknologi atau digital. Fasilitas fisiknya cukup lengkap seperti adanya sejumlah komputer, AC, speaker yang memutar lagu-lagu instrumentalia (yang menciptakan ketenangan dan suasana relaks), kursi yang dibuat melingkar, tempat baca pribadi (yang disekat khusus), tempat lesehan untuk membaca, loker penyimpanan tas, dan lain-lain. Para pengunjung perpustakaan tentu merasakan kenyamanan karena selain bisa membaca di kursi juga tersedia tempat lesehan sehingga bisa membaca dan mengerjakan tugas sekolah dengan penuh semangat.

SMA BOSA telah memiliki perpustakaan sejak tahun 1973, sudah mengalami beberapa kali pindah ruangan. Mulai 2017 BOSA mempunyai 2 perpustakaan : perpustakaan modern di lantai 2 gedung baru yang menyediakan aneka koleksi buku, komputer, dan lain-lain dan perpustakaan yang khusus menyediakan buku paket pembelajaran di gedung lama juga di lantai 2. Perpustakaan kita belum lama berselang beroleh akreditasi “A” dari pemerintah.

Jumlah koleksi buku di perpustakaan SMA BOSA antara lain : fiksi (27.328 eks), non fiksi (29.611 eks), referensi (4.191 eks), koleksi audio visual (699 eks), koleksi majalah (2.961 eks), surat kabar (12.264 eks), koleksi lain-lain (7.682). Koleksi-koleksi ini ditempatkan dalam rak-rak yang telah diklasifikasi dan diberi label meliputi Umum, Referensi, SMA,Kesusastraan, dan Agama. Koleksi buku ini terus bertambah setiap tahunnya.

Manfaatkan se maksimal mungkin

Melalui MABOSA, Kepala Sekolah Drs Andar Rujito M.H.berharap, para peserta didik dan guru dapat memanfaatkan se maksimal mungkin perpustakaan SMA BOSA ini. “Apa artinya jika koleksi buku cetak dan on line-nya lengkap, fasilitasnya bagus tapi tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh warga BOSA,” tegas Pak Andar.

Meningkatkan kemampuan berinteraksi, kata Pak Andar, hendaknya menjadi kesadaran warga BOSA. Literasi yang perlu kita kuasai ke depannya adalah literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Literasi data ini maksudnya kita tidak sebatas membaca data namun juga mampu menganalisis data tersebut, literasi teknologi adalah bagaimana kita memahami cara kerja teknologi sedangkan literasi manusia maksudnya dengan membaca menjadikan kita semakin humanis, mampu berkomunikasi dengan orang lain dengan baik. Di dunia sekolah, melalui membaca, guru dapat merancang sebuah pembelajaran dengan baik dan berguna bagi peserta didiknya.

Menurut Ario Seto (XI IPS 3), sebagai siswa BOSA, tugas kita adalah terus menjaga dan turut serta merawat perpustakaan kita. Keberadaan perpustakaan BOSA adalah tanggung jawab kita bersama. So, mari kita berkunjung dan merawat perpustakaan kita !