image

Tidak Hanya Lesu, Ini Bahaya Lain Yang Mengintai Jika Kamu Begadang

Belajar dari rumah kadang membawa pengalaman tersendiri bagi siswa. Sebagian besar merasa bahwa dengan tugas online mereka punya waktu yang sangat fleksibel sehingga hisa dikerjakan kapan saja. Namun sebagian malah ada yang terlarut dalam kegiatan lain dan lantas lupa dengan tugas. Alhasil, sistem kebut semalam jadi pilihan cara untuk menyelesaikan tugas online. 

Ada banyak kerugian yang didapat jika memilih begadang di waktu-waktu saat ini. Mulai dari kondisi kesehatan tubuh yang drop, serangkaian penyaki juga mengintai kalian. 

"Kurang tidur saat ini bikin kondisi kebugaran nya menurun. Efek nya nanti jadi seharian lesu," ungkap Aloysius Raditya Arga. 

Ia pun pantas membeberkan beberapa kerugian dari begadang yang ia ketahui. 

1. Kesehatan menurun
Kurang tidur membuat daya tahan tubuh menurun. Anggapan tersebut tak lepad dari benak masyarakat saat ini. Menggunakan waktu istirahat untuk melakukan banyak aktivitas bukanlah hal yang teoat dilakukan. Tubuhmu juga perlu istirahat. 

2. Kadar gula darah naik
Tahukah kamu bahwa begadangvterlslu sering membuat kadar gula darah naik? Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang punya kebiasaan begadang lebih mungkin mengalami kenaikan gula darah. Dalam kondisi parah, hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi dapat berujung pada penyakit kardiovaskular dan kerusakan ginjal.

3. Berat badan naik
Bukan hanya gula darah yang naik taoi juga berat badanmu bisa naik jiks kamu punya kebiasaan selalu begadang. Begadang di malam hari ternyata bisa meningkatkan hormon laparmu atau yang dikenal dengan ghrelin. Alhasil kamu pun akan curi-curi waktu untuk ngemil di malam hari yang secara tak sadar bisa menambah berat badanmu. 

4. Tubuh lesu
Tak hanya durasi, waktu tidurmu juga berpengaruh terhadap tubuh. Berniat usai begadang tampaknya bukan pilihan tepat.  Istirahat pada dini hari akan membuat kamu lelah dan pusing.