image

Tips dan Trik Masuk PTN

Bedah Buku

Tips dan Trik Masuk PTN

Judul             : Masuk PTN Itu Gampang?
Pengarang    : Andhika Putra Sudarman
Penerbit         : PT Grasindo
Tahun Terbit  : 2017
Tebal             : 278 Halaman

 

“So, start thinking what you want to be and how that certain major will help you in pursuing your goals.”

Kutipan kata-kata dari buku “Masuk PTN Itu Gampang?” ini mampu mengantar para pembacanya, terutama pelajar SMA, termotivasi untuk menemukan jati diri mereka dan berpikir optimis pada setiap tujuan yang akan mereka raih.

Andhika Putra Sudarman, penulis buku ini adalah Mahasiswa Berprestasi Utama Tingkat Nasional 2014. Buku ini tidak hanya berisi mengenai kiat-kiat diterima PTN lewat SNMPTN atau SBMPTN tetapi juga tentang kehidupan di kampus, baik melalui akademisnya maupun kegiatan organisasinya, pengenalan jurusan, menentukan jurusan, dan masih banyak lagi.

Pada bagian pertama, kita akan diajak untuk menjawab pertanyaan yang sering dilontarkan oleh sebagian besar orang: “Kuliah itu penting gak ya?” Jawaban dari pertanyaan tersebut memiliki 6 alasan yaitu gelar, networking, jodoh, inteligensi, keluar dari safety net, dan perasaan.

Penentuan jurusan yang tepat di langkah awal kita masuk PTN itu penting karena jurusan yang dipilih itu nanti akan berpengaruh banget pada pekerjaan yang bisa didapatkan nanti. Masing-masing jurusan memiliki perbedaan dalam konsep berpikir, langkah analisis, cara memecahkan suatu masalah berdasarkan skala prioritas  dan aspek- aspek lain yang perlu dipertimbangkan.

Masih bingung dalam menentukan jurusan? Coba jalankan tes di buku ini. Tes ini dapat menolong kamu menentukan jurusan yang kamu pilih, dan juga membantu mengurutkan jurusan yang akan kamu daftarkan nanti di SNMPTN/SBMPTN.

Kesamaan dan perbedaan PTN dan PTS (Perguruan Tinggi Swasta) juga dikemukakan di buku ini. Untuk kalian yang masih mempertimbangkan mau masuk PTN atau PTS, bisa mencermati kesamaan dan perbedaannya lewat buku ini. Apabila kita pernah mendengar PTS itu kurang bagus dibanding PTN,  itu terjadi karena kebanyakan ranking PTS berada di bawah PTN. Tapi ini tidak berarti semua PTS berada di bawah PTN.

Di bagian selanjutnya, buku ini membawa kita mengenali tipe-tipe mahasiswa di kampus. Kampus itu tempat penuh variasi. Di sana kita akan bertemu dengan berbagai macam tipe orang yang belum pernah kita temui. Sebenarnya gaya hidup mahasiswa tidak jauh berbeda dengan siswa SMA, hanya saja mahasiswa tentunya sudah lebih dewasa dan seringkali sudah pintar melihat situasi dan menjaga diri.

Selanjutnya, kita juga akan diajak kegiatan wajib anak kuliahan, contohnya SKS (Satuan Kredit Semester). Ada juga IP dan IPK, BEM, SP, dan UKM.

Tidak lupa di buku ini juga ada tips dan trik agar kita lulus SNMPTN dan SBMPTN. Ini bagian penting yang diharapkan pembaca, pasalnya inilah yang pedoman yang diharapkan dari awal ketika membuka buku ini.

“Masuk PTN Itu Gampang?” adalah buku yang wajib dibaca oleh pelajar tingkat SMA terutama kelas XII. Buku ini mengantar kita untuk menyiapkan diri sebelum terjun di dunia perkuliahan nanti dan sebagai pedoman tips untuk lolos di SNMPTN dan SBMPTN. Tidak hanyaitu, buku ini dapat sebagai media pembelajaran untuk mempertimbangkan keputusan-keputusan yang akan dibuat.

Selain menyajikan pengetahuan berharga dan ilustrasi-ilustrasi menarik, buku ini juga menyajikan kata-kata mutiara yang memotivasi para pembaca untuk menjadi lebih baik lagi. Salah satu kata-kata yang dapat memotivasi diri itu, The sooner we take things seriously. The sooner our future will be shaped in accordance with the way we want to be.