image

Tips dan Trik Supaya Belajar dari Rumah Tetap Asik dan Tugas Sekolah Selesai Tepat Waktu

Wabah penyakit COVID-19 ini membuat sebagian besar sekolah meliburkan siswanya untuk belajar dari rumah, tak terkecuali juga dilakukan oleh SMA BOSA. Sama seperti hari-hari biasa, siswa tetap menjalani kegiatan belajar mengajar melalui sistem e-learning. Belajar berganti secara online dan juga tugas-tugas banyak yang menanti. Tak jarang berada di rumah malah membawa suasana tersendiri seperti sedikit 'bermalas-malasan'. Yang seperti inilah yang patut dihindari.
Sederet tips ini bisa kamu ikuti supaya belajarmu tetap menyenangkan.

1. Ciptakan ruangan belajar yang nyaman
Kalian bisa membuat suasana belajar misalnya kamar yang nyaman dengan melakukan penataan. Sediakan satu spot nyaman bagi kalian untuk duduk dan fokus saat belajar. Hal ini bisa mempengaruhi mood kalian seharian selama belajar. 

2. Buat skala prioritas
Yang ini perlu untuk dilakukan. Setiap hari, kalian harus membuat skala prioritas mulai dari kegiatan hingga pelajaran yang tugasnya harus diselesaikan. Tempatkan pelajaran berdasarkan tugas yang lebih dahulu dikumpulkan di nomor skala paling atas lalu diikuti pelajaran lainnya. Dengan begitu kalian akan dapat dengan mudah mengatur waktu dan sleuruh tugas bisa diselesaikan tepat waktu. 

3. Gunakan metode pomodoro
Metode pomodoro adalah sebuah metode dimana seseorang membagikan waktu aktivitas kegiatan dalam sebuah sesi. Metode ini cocok dilakukan karena ada waktu tertentu dimana kalian harus fokus dan istirahat. Gunakan waktu kalian selama 25 menit pertama untuk belajar atau mengerjakan tugas. Setelahnya berikan jeda selama 5 menit untuk istirahat. Lalu lakukan kembali sesi tersebut dengan cara diulangi hingga seluruh tugasmu selesai. 

4. Beri dirimu self reward
Sesekali berilah dirimu self reward setelah berhasil menyelesaikan beberapa tugas atau pelajaran. Self reward ini bisa berupa hal kecil seperti camilan manis setelah bisa menyelesaikan seluruh tugas matematikamu, atau bisa juga nonton film dengan genre kesukaanmu setelah bisa menyelesaikan seluruh tugas di hari Senin. Dijamin kamu nantinya akan merasa termotivasi untuk menyelesaikan seluruh tugasmu. 

5. Lakukan peregangan ringan
Duduk terlalu lama di depan laptop atau komputer saat mengerjakan tugas atau belajar online terkadang membuat badan pegal-pegal. Nah supaya badan kalian tetap segar, lakukan peregangan kecil.