SEKILAS INFO
: - Thursday, 09-12-2021
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang di website informasi sekolah SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA

Persada atau Persatuan Siswa Bosa Peduli Kependudukan merupakan salah satu organisasi yang ada di sekolah ini dimana organisasi ini ada karena perhatian sekolah kepada masalah kependudukan. SMA BOPKRI 1 Yogyakarta merupakan sekolah yang pertama kali secara mandiri mencanangkan diri sebagai sekolah siaga kependudukan yang concern dengan isu – isu kependudukan, antara lain pertumbuhan penduduk, usia remaja, usia lansia, keluarga, dan urbanisasi.

Fasilitas dan sarana yang dimiliki SMA BOPKRI 1 Yogyakarta dalam upayanya mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi masa depan dengan masalah demografi adalah dengan membuat dan mengoptimalkan pojok kependudukan serta organisasi PERSADA

Persada beranggotakan peserta didik perwakilan kelas yang sudah di lantik dan di training disiapkan untuk menjadi kepanjangan tangan dari PKBI(Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) maupun guru BK dimana  anak – anak tersebut dapat menjadi PIK-R atau Pusat Informasi Konseling Remaja, di harapkan PIK-R dapat menjadi garda terdepan untuk teman – teman mereka sendiri, seperti membantu menyebarkan pemahaman untuk pacaran sehat, kesehatan reproduksi, tidak nikah dini, dan masalah kependudukan di lingkungan remaja lainnya.

Banyak aktifitas yang dapat dilakukan persada salah satunya yang akan di adakan bulan Nov 2019 yaitu Audiensi dengan PKBI, atas apa dan pentingnya persada untuk di era sekarang, audensi yang akan di ikuti oleh kumpulan dari PIK-R masing – masing sekolah. Selain menjadi kepanjangan tangan dari BK anak – anak yang tergabung dalam anggota persada juga di bawakan bekal bagaimana untuk bicara atau bertemu dengan orang banyak salah satunya dengan di berikan tugas sebagai penyambut tamu saat ada dari instansi luar yang melakukan study banding ke SMA Bopkri 1. Kegiatan lainnya pun beragam, seperti adanya piket di pojok kependudukan, makrab , dan lain – lain.

Agenda

Maps Sekolah